Rabu, Januari 07, 2009

"SekiLas InFh0"

STONEHENGE

Peta dari zaman batu

Ketika musim panas tiba, matahari tepat berada di batu Stonehenge. Jika salah satu batu Stonehenge digosok, permukaannya memantulkan rasi bintang diatasnya. Benarkah Stonehenge adalah peta batu?

Pada zaman 3000 tahun Sebelum Masehi orang Inggris masih hidup dizaman batu. Wow, apakah mereka manusia purba?hust, tidak. Tubuh dan wajah mereka sama dengan tubuh dan wajah kita. Cuma pada zamn itu, mereka masih menggunakan batu sebagai pisau. Ssst, tapi mereka itu orang yg gagah perkasa, lho. Bayangkan , mereka sanggup memenidahkan batu seberat 4 ton dari jarak ratusan kilometer. Lalu menatanya jadi lingkaran di sebuah lapangan. Lingkaran berupa batu-batu raksasa ini bernama Stonehenge.

Ihh. Kenapa yah, mereka bersusah payah membuat Stonehenge? Wah, ini memenag teka-teki bagi peneliti benda kuna/ arkeolog. Arkeolog percaya stnehenge dibuat untuk alas an yang sangat pentinkk. Yaps, Stonehenge dibangun untuk menatat gerakan matahari dan bintang di langit

Apa gunanya sich??hhm, katanya, musim dingin di Inggris sangat menakutkan. Orang bisa mati kedinginan dan kelaparan. Pda zaman itu orang Inggris harus mencari akal agar tahu kapan musim dingin tiba. Supaya mereka dapat bersiap-siap. Menanam, panen, dan punya bekal makanan di musim dingin. Sayangnya, waktu itu mereka belum bis menulis.lalu pa akalnya?he.he.e…posisi bintang dan matahari digambar dengan batu-batu. Ee iya, rasi bintang dan posisi matahari memeng selalu berubah sesuai musim. Jika musim pabas tiba matahari tepat bersinar di Stonehenge dan ketika batu Stonehenge digosok, terpantullah rasi bintang dilangit ke batu. Yee..

Jadilah Stonehenge sbg peta matahari dan bintang.

Narasumber: Prof. Harry Truman Simanjuntak, Pusat Penelitian Arkeologi, Jakarta.

2 komentar:

Silakan ngisi comment mu...