Kamis, Januari 08, 2009

lanjutan....

Misteri Stonehenge yang terkuak
  • Dalam bahasa Inggris kata Stonehenge berasal dari stone, artinya batu. Dan henge yang berarti bangunan berupa lingkaran parit atau gundukan tanah. Stonehenge memang berupa bangunan batu yang berada di dalam lingkaran parit atau gundukan tanah.
  • Batu-batu di dalam Stonehenge adayang berupa menhir. Yaitu satu batu besar yang berdiri tegak. Ada juga yang berupa trilithon. Trilithon adalah dua batu tegak yang menyangga satu batu datar seperti meja. Salah satu batu Stonehenge, bernama bluestone atau batu biru. Batu biru terbuat dari kristal dolerites. Jika digosok, akan terpantul rasi bintang di permukaan batu biru.
  • Stonehenge terdapat di daerah Salisbury, Inggris. Wow, Inggris terkenal negri penuh menhir,lho.
  • Satu batu menhir di Stonehenge beratnya 50 ton. Batu menhir ini berasal dari daerah Marlborough down dan wales yg jaraknya 30-250 km dari Salisbury. Wops, untuk menggeser satu batu perlu waktu 100 tahun. Soalnya, ketika didorong batu ini hanya bergeser 0,4 cm dalam sehari. Oolala…. Karena itu bangunan utuh Stonehenge selesai dalam waktu 1400 tahun.
  • Pada waktu Stonehenge dibangun, orang Inggris masih memotong daging dengan batu. Zaman ini disebut zaman batu (neolithikum). Padahal, tetangganya diseberang lautan, yaitu orang Mesir sudah membuat pedang besi dan piramida. Hmm, gara-gara terpisah lautan orang Inggris jadi ketinggalan, yach.

1 komentar:

  1. Some of the content is very worthy of my drawing, I like your information!
    costume jewelry

    BalasHapus

Silakan ngisi comment mu...